Penyebab dan Cara Mengobati Gatal Terkena Karang

Penyebab dan Cara Mengobati Gatal Terkena Karang oleh Cinta Laut-ku. Sering pastinya anda mendapatkan rasa gatal ketika melakukan aktifitas di laut, seperti snorkeling, diving, penelitian, dll. Apalagi rasa gatal tersebut terasa setelah kulit anda bergesekan dengan terumbu karang yang masih hidup. Berikut ini alasan kenapa kulit anda gatal.

Penyebab

Penyebabnya adalah anda terkena mocus/ lendir racun yang dimiliki oleh karang yang biasanya digunakan untuk melakukan pertahan dan perkembangbiakan diri. Mocus tersebut memang memiliki beberapa zat yang dimana akan terasa mengganggu jika terkena kulit kita.

gatal karena terkena terumbu karang

Pengobatan

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan:
1.Obat merah
2. Obat kulit
3. Amonia
4. Air Kencing (sedikit extrime tentunya)

Jadi disarankan jika anda melakukan aktifitas di laut, maka pakailah sarung tangan yang murah-murahan saja untuk menanggulangi terjadinya gesekan tersebut. Namun yang lebih penting janganlah memegang karang jika tidak terpaksa, seperti untuk menahan diri dari arus atau penelitian.

Karang juga akan merasa tres jika terkena kulit manusia, dan akhirnya akan memperburuk pertumbuhan karang itu sendiri. Tahukan anda kalau hewan karang sangat sulit berkembang dan membutuhkan waktu yang sangat lama utnuk perkembang hidupnya.

Jadi, artikel tentang penyebab rasa gatal di laut serta cara mengatasinya ini semoga dapat membuat kita lebih berhati-hati dalam aktifitas laut.

(salam damai dari terumbu karang)
Next: Teripang Kunci Kesehatan Manusia